Eits, jangan salah sangka. Ini bukan ATM untuk transaksi atau tarik tunai. Namun ATM yang satu ini sungguh luar biasa, tanpa kartu ATM pun Anda bisa tarik tunai dari mana pun dan dari siapa pun, asal jangan njambet atau nyolong yach. ATM disini adalah suatu bentuk strategi bisnis yang layak dipahami oleh siapapun yang ingin bergelut pada dunia bisnis. Baik bisnis konvensional maupun bisnis online. ATM ini merupakan singkatan dari metode Amati Tiru Modifikasi.
Namun memang yang selama ini paling banyak terjadi adalah cuma sekedar “Tiru” alias meniru. Contohnya saja ada teman yang sukses di bisnis MLM, lalu dengan asal asalan kita ikutan gabung. Atau misalnya yang paling banyak sekarang ada orang ramai jualan nasi goreng maka ikut ikutan jual nasi goreng. Boleh saja, ga ada yang ngelarang kok. Kalau cuma sekedar meniru ya banyak orang yang bisa. Namun seharusnya kita bisa lah terlebih dahulu mengamati cara kerjanya. Amati segala strategi yang digunakan termasuk produk detailnya. Baru setelah itu kita bisa meniru dengan tepat. Namun alangkah sangat disayangkan sekali jika apa yang kita lakukan hanyalah sedemikian saja. Bisa bisa di cap sebagai plagiator, hadeeeww...
Dengan mengamati memang kita akan mendapatkan pelajaran yang berharga tanpa harus kita berkorban apapun kecuali waktu dan rasa gengsi, Ok. Jika kita mengamati strategi bisnis orang lain maka tentunya kita juga bisa melihat celah celah yang pernah dia lakukan dan cara apasaja yang sudah ditempuh untuk menyelesaikannya. Dan tentunya bisa menjadi bahan acuan supaya kita tidak melakukan kesalahan yang sama ataupun sejenis. Atau bila saja terjadi kasus yang sama maka kita bisa menyelesaikan dengan cara yang sama pula.
Hal yang utama supaya kita tidak di cap sebagai plagiator adalah teknik Modifikasi. Mengapa harus ada modifikasi? Kalau kita berbisnis produk yang sama dengan cara yang sama maka tentunya “Trust” kencenderungan akan dimiliki oleh sang pionir. Modifikasi tidaklah melulu pada bentuk produk, namun bentuk layanan dan penyajian pun kita bisa memodifikasinya supaya bisa tampil beda. Misalnya saja nih, jualan nasi pecel. Bumbu pecelnya sama sama dari pabrik yang sama plek. Tentunya orang akan lebih banyak datang ke penjual pertama. Namun jika cara penyajiannya beda maka orang pun akan memberikan penilaian yang beda pula. Misalnya saja nih, siapkan lauk sebagai menu tambahannya dan air mineral sebagai bonusnya. Biarpun agak mahal tentu orang akan tetap melirik produk tersebut.
Research & Development
Penelitian dan Pengembangan, merupakan sesuatu yang cukup penting dalam menggerakkan roda bisnis. Mengapa? Karena kebanyakan orang cenderung memiliki sifat gampang jenuh atau bosan. Perbanyak lah komunikasi dengan pelanggan agar Anda bisa memahami apa yang sebenarnya diinginkan para pelanggan ataupun kemungkinan yang diharapkan oleh calon pelanggan kedepannya.
Tujuan utama dari Penelitian dan Pengembangan ini bukanlah untuk menghapus produk lama, yang menjadi karakteristik bisnis Anda, namun lebih mengarah kepada bentuk pelayanan yang lebih baik serta penambahan Varian produk yang ada. Usahakan produk unggulan Anda tidak tersingkir oleh produk baru Anda.
Contoh sederhananya misal nya saja bisnis nasi goreng pedas mantap. Kalau yang Anda jual semuanya pedas mantap, lalu coba pikirkan bagaimana jika yang beli ada yang alergi dengan rasa pedas? Apakah akan Anda suruh beli di tempat lain saja, sementara temannya asyik nimbrung di tempat Anda? Rugi kan tentunya. Maka Anda juga harus menyiapkan jenis nasi goreng lainnya, yang tidak pedas atau pedas biasa, atau Anda bisa bikin lagi menu paling Hot, pedas mantap cabe rawit plus lada hitam. Karena Anda menjual makanan yang pedas maka pastinya akan ada banyak yang nyari air minum atau kerupuk dan lauk sebagai penawarnya. So, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menyediakan nya pula dengan bentuk siap saji. Tinggal tuang untuk air minumnya dan kemasan untuk kerupuknya. Betul ga?
0 komentar:
Post a Comment