Saturday, January 24, 2015

Bisnis Online vs Bisnis Konvensional


Bisnis Online bukan hanya merupakan bentuk peralihan Bisnis Konvensional yang ada sekarang, namun menjadi sebuah Brand Power dari suatu produk. Orang saat ini paling sulit untuk percaya pada suatu produk baru, apalagi kalau di Internet tidak ditemukan sedikitpun informasi mengenai produk yang dicari.

Kalau dahulu sebuah perusahaan akan membikin banyak Brosur, Pamflet, Portofolio & Catalogue, dan bentuk Marketing Kit lainnya yang menghabiskan biaya puluhan hingga ratusan juta untuk memperkenalkan produknya. Lalu membentuk tim marketing untuk menyebarkan informasi dengan Marketing Kit tersebut dan biaya nya pun tidak sedikit. Sebenarnya sama saja dengan teknik yang ada pada Bisnis Online, hanya saja bedanya tidak membutuhkan biaya duplikasi alias biaya cetak, yang ada hanyalah biaya publishing.

Teknik publishing pun banyak macamnya di dalam Bisnis Online yang biasanya dikenal dengan nama Internet Marketing. Banyak sekali Marketing Kit yang harus disediakan bergantung juga dengan Produk atau Jasa yang diawarkan. Misalnya saja Brosur Online bentuknya seperti Banner Iklan, bisa dipasang di website siapapun walau ada yang gratis dan ada juga yang harus bayar. Portofolio & Catalogue, merupakan bagian utama yang wajib dimiliki dalam menjual Produk ataupun Jasa di Internet, bentuk utamanya adalah Portal Website, baik itu hanya berupa Company Profile standar atau berupa Online Store.

Sama saja bentuk dan sistemnya antara Online dan Konvensional. Kita bisa menyediakan Daftar Harga, Formulir Pendaftaran, Nota Pembelian, Tagihan/Invoice dan lainnya.

Konvensional plus Online


Salah satu metode yang sangat baik dan mudah untuk mendapatkan “Trust” baik Online maupun Offline adalah menggabungkan keduanya. Bisnis Konvensional yang sudah memiliki reputasi yang bagus akan dengan mudah mendapatkan “Trust” dari dunia online melalui klien yang sudah ada.

Misalnya saja Anda memiliki toko baju yang sudah besar dan terpercaya, lalu ketika klien bertanya kepada Anda mengenai produk atau model baru serta harganya maka Anda cukup bilang saja, “silahkan lihat di catalogue online ya, ada banyak barang baru, kalau ingin lihat kondisi barang langsung tinggal sebutkan kodenya” dan hal ini sangat menguntungkan sekali.

Keuntungan Klien, dengan mudah klien bisa melihat contoh walau berupa gambar. Usahakan setiap produk menampilkan tampak dari segala sisi, depan belakang, kanan kiri, kalau bisa dipakaikan pada model ( bisa manusia ataupun boneka ) lalu lengkapi deskripsi produk tersebut mengenai bahan dan kualitasnya serta ketersediaan ukuran dan jumlah stok yang ada.

Keuntungan Pemilik, tidak perlu menjelaskan panjang lebar ataupun penjelasan yang berulang ulang antar klien. Jadi semuanya akan mempersingkat waktu dan jauh lebih efisien, dan dengan teknik ini maka klien pun bisa datang silih berganti dengan cepat tanpa harus berlama lama dalam memilih barang yang diinginkan.

Online plus Konvensional


Teknik ini sangat cocok bagi para pemula, terutama bagi yang ingin menemukan jati diri dan kecocokan akan suatu bentuk bisnis online. Namun yang namanya Bisnis ya memang jatuh bangun adalah hal yang biasa namun kesesuaian dengan kepribadian pemilik adalah salah satu hal yang terpenting.

Misalnya saja Anda bakat sekali jualan baju secara online, maka tentunya Anda akan tahu produk yang paling banyak disukai oleh pelanggan. Lalu Anda juga akan dengan mudah mengerti jenis produk yang terbaik. Maka akan sangat mudah juga pastinya ketika Anda membuka Toko Baju dengan produk produk yang terlaris dan unggulan.

Atau misalnya saja Anda menjual teknik Marketing Online yang cukup banyak peminatnya lalu Anda membuat suatu seminar kecil kecilan untuk membahas dan praktik langsung kepada para peserta, maka jangan khawatir. Sekali saja Anda pasang informasi mengenai seminar tersebut maka akan ada yang pesan kursi tersebut.

Atau Anda mempunyai jasa penjualan tiket online ataupun jasa online lainnya maka ketika Anda belum memiliki Kantor (sebagai bentuk layanan konvensional ) maka Anda bisa saja kehilangan “Trust” dari klien Anda.

Jadi memang sebaiknya keduanya berjalan bisa beriringan.

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com