Cari tempat Belanja Online terpercaya?
Cari tempat Belanja Online terpercaya memang gampang gampang susah. Tidak sedikit dari brand Toko Online Besar yang ada kadang pelayanan manajemen nya tidak memuaskan. Kita harus pandai pandai dalam memilih tempat alias Toko Online yang bisa kita gunakan untuk Belanja Online. Secara pribadi saya juga sudah beberapa kali mencoba bertransaksi dengan Belanja Online di Toko Online besar yang ada di Indonesia. Secara sistem bisa saya nyatakan terintegrasi dengan baik, akan tetapi ada masalah pada SDM nya. Yaa biasa nya disebut dengan Human Error.
Mulai dari TokoBagus.com ( yang sekarang jadi OLX.co.id ), Bhinneka.com, Lazada.co.id, Zalora.co.id, Tokopedia.com, Lamido.co.id, Elevenia.co.id, Blibli.com, Qoo10.co.id, dan lainnya masih banyak lagi.
Banyak hal yang harus kita perhatikan dalam Belanja Online. Berikut tips dari saya:
1. Pilihlah penyedia langsung Produk Belanja Online
Tidak semua Provider Toko Online memiliki stok produk di dalam “ Gudang “ nya. Banyak sekali Provider hanya sebagai jasa penyedia portal untuk pemasangan produk secara online. Dengan cara ini mereka bisa memiliki banyak aneka produk yang bisa di pasang dan dijual di portal mereka. Dan Provider memiliki pendapatan dari pemasangan iklan yang ada atau dengan menarik komisi dari penjualan.
Resiko dari pola Belanja Online ini adalah jika barang yang Anda beli tidak sesuai maka akan susah sekali dalam mengurus garansi nya. Jangankan garansi, tukar barang saja sulitnya minta ampun bisa bisa malah dirugikan. Hal ini terjadi karena Portal penyedia hanya sebagai makelar transaksi saja, jarang sekali makelar memberikan pelayanan pasca transaksi. Dah dapat untung ya lepas tangan.
Dengan banyaknya penjual dan produk yang sama maka kita akan sulit juga membedakan produk mana yang original dan mana pula yang KW KW –an. Tapi ya beginilah namanya persaingan sehat. Tinggal lihat saja review yang tersedia, biasanya akan banyak komen dari transaksi yang terjadi. Boleh juga dijadikan acuan sebelum transaksi.
Jika Portal menjual produk secara langsung maka pelayanan nya akan jauh lebih maksimal. Portal portal yang sudah berbadan hukum terutama domain ekstensinya .co.id maka kita akan dengan mudah melakukan CLAIM jika terjadi trouble. Dan jika terlalu banyak CLAIM yang tidak baik maka reputasi Portal bisa hancur dan situs bisa ditutup dan ga bakal bisa diakses.
Ada baiknya jika kita belanja produk langsung dari Web Perusahaan / Produsen nya.
2. Baca Review Produk
Kadang kita asal membeli ketika melihat produk. Belanja Online pun sangat mengasyikan. Gimana engga, banyak diskon dan bonus, obral besar besaran walau dikasih waktu. Tetap aja kita tertarik untuk belanja online. Tapi apakah kira kira produk tersebut merupakan produk yang sesuai dengan angan angan kita? Belum tentu
Perbanyak baca review di forum atau pun review produk yang sedang tercantum di tempat Belanja Online. Kadang banyak sekali komen yang miring mengenai produk yang ga jelas dari merk yang ga jelas pula. Brand brand baru memang banyak sekali masuk pangsa pasar di Indonesia, tapi kita haruslah pandai dalam memilih kebutuhan.
3. Belanja Online melalui jasa Affiliate
Tidak ada salahnya lho belanja lewat link afiliasi. Walaupun yang mereferensikan adalah Orang lain atau teman Anda sendiri, akan tetapi transaksi Anda terjadi secara langsung dengan Manajemen Portal. Anggota afiliasi hanya akan mendapat komisi dari hasil referensi saja. Pola ini masih menguntungkan, baik bagi Pembeli produk ataupun penjual nya. Selama manajemen portal baik, pasti pelayanan nya pun prima.
Tinggal bagaimana Anda mensikapi pola Belanja Online yang Anda pakai. Jangan semua produk kebutuhan rumah pakai sistem belanja online, misalnya sembako.
OK, sista masta sekarang bisa ambil kesimpulan sendiri. Apakah lebih suka belanja online atau belanja di mall.
0 komentar:
Post a Comment